Jumat, 10 April 2009

BERSEDEKAH DALAM KELAPARAN

Hasan dan Husen (kedua cucu Rasululloh saw) pada suatu saat jatuh sakit. Kedua orang tuanya, Ali dan Fatimah serta pengasuhnya Fiddhah, sangat khawatir. Mereka bernazar, “akan puasa selama tiga hari, bila Alloh mnyembuhkannya”.
Setelah keduanya sembuh, ketiganya pun mulai berpuasa. Sementara di rumah itu tak ada makanan sedikitpun buat berbuka dan sahur. Ali meminjam tiga mangkok gandum pada sahabatnya. Hari pertama puasa, Fatimah menepungnya semangkok dan langsung dibuatnya roti untuk berbuka.

Ketika azan maghrib bergema, Ali, Fatimah, dan Fiddhah duduk mengelilingi hidangan yang hanya beberapa potong roti dan air saja. Waktu hendak berbuka, tiba-tiba pintu rumah diketuk orang. Ternyata lelaki miskin yang mohon uluran tangan. Semua roti itu mereka berikan kepadanya. Semalaman sejak berbuka sampai sahur, tak satupun makanan yang masuk ke perut selain hanya air saja. Besoknya mereka kembali berpuasa. Fatimah menepung lagi semangkok gandum dan dibikinnya roti. Waktu azan tiba, mereka pun duduk mengelilingi hidangan untuk berbuka. Tanpa diduga pintu rumah diketuk orang. Rupanya seorang anak yatim yang meminta-minta. Roti itu mereka berikan pula kepada anak tersebut. Tak satupun makanan yang mereka makan malam itu selain air saja.

Di hari ketiga, fatimah menepung gandum yang masih tersisa, dibikinnya juga roti untuk berbuka. Namun ketika hendak berbuka, datang pula seorang tawanan mengetuk pintu. Seluruh makanan yang ada, mereka berikan kepadanya. Ketiganya bertahmid dan bersyukur kepada Alloh, karena mereka telah selesai menunaikan nazarnya.
Kejadian ini seperti yang terungkap dalam Al-Qur’an :

“Mereka mnyempurnakan nazarnya, dan mereka takut akan suatu hari yang azabnya merata dimana-mana. Dan Mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan tawanan, (sambil berkata),”sesungguhnya kami memberikan makanan kepadamu hanyalah mengharapkan keridhaan Alloh, kami tidak mengharapkan balasan dan terima kasih dari kamu.” (QS. Al-Insaan : 7 – 9).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar